Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sambas, BATAN dan Poktan kerja sama kegiatan panen raya di Desa Sejiram Kecamatan Tebas.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, BATAN, dan kelompok tani (Poktan) kerja sama kegiatan panen padi varietas cilosari di Desa Sejiram, Kecamatan Tebas, Kabupaten sambas, panen raya di Desa Sejiram Kecamatan Tebas,(1/9/2021).

Acara panen raya ini dihadiri oleh Kepala Seksi Perbenihan dan Perlindungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, Kepala Pusat Diseminasi dan Kemitraan Badan Tenaga Nuklir Nasional (PDK BATAN) Ir. Eko Mandi Parmanto bersama Bupati Sambas yang diwakili asisten dua, wakil DPRD sambas, Kepala camat Tebas, Kapolsek Tebas, Danramil Tebas, Kepala Desa Sejiram, Kadis Kumindag Sambas dan kelompok tani (Poktan) Terigas Desa Sejiram.

Sarjono sebagai ketua kelompok tani Terigas berharap agar kedepannya padi varietas cilosari bisa berkembang dan menjadi prioritas para petani yang ada di Kabupaten Sambas.

“Diharapkan untuk kedepannya padi varietas cilosari bisa berkembang dan menjadi prioritas para petani yang ada di Kabupaten Sambas karena hasil dari padi cilosari ini juga lumayan besar yaitu 7-8 ton per hektar dari sebelumnya hanya 5 ton”, kata Sarjono.

Sarjono juga mengatakan keberhasilan panen tidak terlepas dari kerja sama yang dilakukan kelompok petani yang ada di Desa Sejiram dengan Pemda dan BATAN.

Selain itu, Kepala PDK BATAN Eko Mandi Parmanto mengatakan bahwa hasil panen padi tahun ini sangat memuaskan.

“Penampakan batang padinya tegak, helaian daun banyak dan bijinya pertangkai juga besar-besar. Jika dilihat dari pandangan mata terlihat sangat bagus. Semoga hasil panen Pak Sarjono ini bisa di tiru dan disebarkan kepada petani–petani yang lain, sehingga bisa meningkatkan produktivitas pertanian di sini”, tambah Eko Mandi Parmanto.

Panen raya ini adalah hasil kerja sama BATAN, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas dan masyarakat Desa Sejiram melalui Promosi Hasil Litbang Iptek Nuklir (PHLIN) dalam hal penyebaran dan penangkaran benih unggul padi varietas cilosari.

Kerja sama dalam bidang pertanian antara BATAN dan pemerintah daerah Kabupaten Sambas ini sudah berjalan sekitar satu tahun demi meningkatkan hasil produktivitas padi di Desa Sejiram dan juga meningkatkan kualitas bibit padi varietas cilosari.

Perlu di ketahui padi varietas cilosari ini masa tanam atau umur padi cukup pendek yaitu berkisar 120 hari, dari persemayan padi varietas cilosari ini juga tahan terhadap hama penyakit.

Teknologi nuklir di bidang pertanian bisa dimanfaatkan untuk pembenihan sebagai pengganti sinar matahari dan dapat juga untuk mempertahankan kualitas bibit.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *