PROFIL DINAS

1. SEKRETARIAT

Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.

Sekretariat mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan dibidang rencana kerja, monitoring dan evaluasi, administrasi kepegawaian, umum, reformasi birokrasi, pengelolaan keuangan dan asset, serta bertanggungjawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi di lingkungan Dinas.

 2. Bidang Hortikultura

Bidang Hortikultura, dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris.

Bidang Hortikultura mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis dibidang perbenihan dan perlindungan, produksi, dan pengolahan dan pemasaran.

3. Bidang Ketahanan Pangan

Bidang Ketahanan Pangan dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris.

Bidang Ketahanan Pangan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis dibidang ketersediaan dan kerawanan pangan, distribusi dan cadangan pangan, dan penganekaragaman dan keamanan pangan.

4. Bidang Penyuluhan

Bidang Penyuluhan dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris.

Bidang Penyuluhan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis dibidang Ketenagaan, Kelembagaan, Metode dan Informasi.

5. Bidang Perkebunan

Bidang Perkebunan dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris.

Bidang Perkebunan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis dibidang sarana, prasarana, perbenihan dan perlindungan, produksi, dan pengolahan dan pemasaran.

6. Bidang Tanaman Pangan

Bidang Tanaman Pangan dipimpin oleh Kepala Bidang  yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris.

Bidang Tanaman Pangan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan dan perumusan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi serta pembinaan teknis dibidang perbenihan, perlindungan, pupuk dan pestisida, produksi, pengolahan dan pemasaran, dan pengelolaan lahan dan air.