TANAM PERDANA PADI SAWAH PROVITAS RENDAH DI DESA PANGKALAN BEMBAN SELAKAU

Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Barat hadiri acara tanam perdana padi sawah provitas rendah di Desa Pangkalan Bemban Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas  (12/10/2021).

 Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Yuliana Linda, SP., M.Si selaku perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Propinsi Kalimantan Barat, Ir.U.Joni Silais sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sambas, Elyandri S.PKP Kepala Bidang Tanaman Pangan  A.Mubarak S.TP.M.Si, Leda Arm Kahar Danramil 06 Selakau, Abrar, S.Ip Camat Selakau, Ali Imran kepala Desa Pangkalan Bemban serta Ewin Johana Anggota DPRD komisi 2 Kabupaten Sambas.

Dalam penyampayan acara Yuliana selaku perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Kalimantan Barat, mengatakan penamaan kegiatan tersebut Tanam perdana provitas rendah nantinya akan menjadi panen perdana provitas tinggi.

“Itu akan menjadi tantangan bagi para petani yang mereka tahu provitas yang rendah sekitar 300-400 kg, berarti harapan nya 900-1 ton dan ini menjadi catatan untuk para petani yang lahannya kekeringan”, kata Yuliana

Yuliana juga berharap adanya kegiatan ini sebagai contoh bagi daerah lain tidak takut untuk bertanam di daerah yang sulit karena banyak teknologi yang bisa mendukung untuk pertanian.

Setelah sambutan acara di depan kantor Desa Pangkalan Bemban kegiatan yang pertama dilaksanakan yaitu melakukan kegiatan tanam padi langsung di sawah yang terletaknya tidak jauh dari lokasi kegiatan.

Dalam penanam padi tersebut antusias dan semangat tamu undangan cukup tinggi terlihat dari  banyak nya bibit yang di sediakan habis dalam hitungan menit.

Sela kegiatan tersebut Elyandri juga menyampaikan program provitas rendah ini sesuai dengan tujuan pemerintah pusat yaitu, dalam rangka peningkatan produktivitas karena ada bantuan yang di berikan berupa benih, pupuk Npk, Herbisida dan Alinstan.

“Itu sangat membantu sekali bagi petani demi kesejahtaraan dan di harapkan hasilnya dapat meningkat”, kata Elyandri.

Setelah melaksanakan kegiatan tanaman padi tamu undangan juga melakukan diskusi bersama gapoktan dan para petani di depan kantor Desa Pangkalan Bemban.

Dalam kegiatan diskusi tersebut para petani juga menyampaikan keluhan – keluhannya kepada Dinas Pertanian Provinsi Kalbar, Dinas  Pertanian Kabupaten Sambas dan juga Anggota DPRD komisi 2 Kabupaten Sambas yang mana langsung ditanggapi oleh bapak Ewin Johana, dan memberikan dua buah mesin pompa Air kepada para petani.

“Harapan saya harus maksimal dalam rangka meningkatkan pangan di Kab.Sambas, stok pangan kita tercukupi dan tidak melakukan inpor beras dari kabupaten lain, semoga petani kita tetap mengikuti anjuran pemerintah menggunakan bibit unggul serta pemerintah Kab. Sambas dapat memfasilatasi bibit unggul dan alinstan”, ujar Ewin Johana.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *