Wakil Menteri Pertanian RI hadiri panen kegiatan dermfarm VUB di Kabupaten Sambas

Wakil Menteri Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi menghadiri panen padi kegiatan dermfarm varietas unggul baru (VUB) padi khusus dan padi spesifik di Desa Lonam, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas.

Kegiatan panen turut dihadiri oleh Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Kalimantan Barat, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sambas, Pangdam Militer XII/Tanjungpura, Kapolda Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Sambas serta perangkat desa.

Kegiatan tersebut didampingi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalimantan Barat di kelompok tani (Poktan) Desa Mulya 1, Desa Lonam, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas dengan teknologi budidaya Rawa Intensif, Super dan Aktual (RAISA) dan sistem jajar legowo.

Anggota Komisi IV DPR RI menegaskan bahwa komunikasi dan kolaborasi setiap instansi dan stakeholder terkait harus terus ditingkatkan demi kemajuan dan kemandirian pertanian Indonesia.

“Ini merupakan pencapaian yang luar biasa, tapi jangan membuat kita cepat berpuas diri karena sektor pertanian ini merupakan hal penting sehingga kita harus bekerja keras mempertahankan pangan Negara kita,” ujar Harvick di Sambas, Kamis (19/8).

Ia juga mengatakan Kementerian Pertanian sangat terbuka untuk melakukan dialog atau diskusi bersama membahas aspirasi dari para petani.

“Saya harap kita dapat terus berintegrasi khususnya untuk memajukan pertanian di Kabupaten Sambas,” tambahnya.

Selain itu, Bupati Kabupaten Sambas Satono juga menyampaikan terkait komoditas-komoditas unggulan Kabupaten Sambas seperti jeruk, kelapa, nanas dan lain sebagainya.

“Kita tingkatkan terus produktivitas padi di Kabupaten Sambas,” serunya.

(Sumber: Facebook BPTP Kalimantan Barat)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *