Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.

Sekretariat mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan dibidang rencana kerja, monitoring dan evaluasi, administrasi kepegawaian, umum, reformasi birokrasi, pengelolaan keuangan dan asset, serta bertanggungjawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan dan administrasi di lingkungan Dinas.

Fungsi Sekretaris Dinas :

  1. Penyusunan rencana kerja di lingkungan sekretariat ;
  2. Penyiapan bahan dan perumusan kebijakan di bidang penyusunan rencana kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan aparatur, serta pengelolaan keuangan dan asset serta reformasi birokrasi ;
  3. Pengendalian pelaksanaan kegiatan dan program di lingkungan dinas ;
  4. Pengkoordinasian dan fasilitasi terhadap penyusunan rencana kerja dinas ‘
  5. Pemberian dukungan pelayanan administrasi, umum dan aparatur, serta keuangan dan asset di lingkungan Dinas ;
  6. Penyelarasan dan kompilasi penyusunan rencana kerja di lingkungan Dinas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
  7. Penyelenggaraan urusan dan pelayanan di bidang rencana kerja, monitoring dan evaluasi, umum dan aparatur, pengelolaan keuangan dan asset di lingkungan Dinas sesuai peraturan perundang-undangan ;
  8. Pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di lingkungan sekretariat ;
  9. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi di lingkungan Dinas ; dan
  10. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugasnya Sekretaris Dinas dibantu oleh

A. Sub Bagian Penyusunan Program ;

Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan penyusunan program dan penyelarasan rencana kerja serta pelaporan pelaksanaan kegiatan Dinas

Untuk melaksanakan tugasnya, Sub Bagian Penyusunan Program mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja sub bagian penyusunan program ;
  2. Pengumpulan, pengolahan bahan dan perumusan kebijakan di bidang penyusunan progam di lingkungan dinas ;
  3. Pelaksanaan penyelarasan dan kompilasi program dinas ;
  4. Pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi dibidang penyusunan program ;
  5. Pelaksanaan urusan di bidang penyusunan program sesuai peraturan perundang-undangan ;
  6. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan program kerja dinas ;
  7. Penyusunan bahan laporan pelaksanaan program kegiatan dan laporan kinerja dinas ;
  8. Pelaksanaan penyusunan laporan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang penyusunan program ; dan
  9. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

B. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian ;

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas mengumpul dan mengolah bahan kebijakan dibidang umum, kepegawaian, dan reformasi birokrasi

Untuk melaksanakan tugasnya, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian ;
  2. Pengumpulan, pengolahan bahan dan perumusan kebijakan dibidang umum, kepegawaian dan reformasi birokrasi di lingkungan dinas ;
  3. Pelaksanaan koordinasi dan fasilitasi sesuai tugas pokok dan fungsi dibidang umum, kepegawaian dan reformasi birokrasi ;
  4. Pelaksanaan urusan dibidang umum, kepegawaian dan reformasi birokrasi sesuai peraturan perundang-undangan.
  5. Pengendalian dan pengawasan tugas di Sub bagian Umum dan Kepegawaian ;
  6. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang umum, kepegawaian dan reformasi birokrasi ; dan
  7. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

C. Sub Bagian Keuangan dan Aset

Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai tugas melakukan koordinasi pelaksanaan anggaran, pelaksanaan perbendaharaan, verifikasi, akuntansi, pengelolaan asset, pengendalian dan evaluasi serta menyiapkan bahan laporan keuangan ;

Untuk melaksanakan tugasnya, Sub Bagian Keuangan dan Aset mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan program kerja Sub Bagian Keuangan dan Aset ;
  2. Pengumpulan, pengolahan bahan dan perumusan kebijakan dibidang pengelolaan keuangan dan asset di lingkungan dinas ;
  3. Pemberian dukungan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di lingkungan secretariat ;
  4. Pelaksanaan koordinasi perumusan, penyiapan dan penyusunan anggaran serta pengelolaan asset ;
  5. Pelaksanaan urusan dibidang pengelolaan keuangan dan asset di lingkungan Dinas sesuai Peraturan Perundang-Undangan ;
  6. Pelaksanaan perbendaharaan ;
  7. Pelaksanaan verifikasi dan akuntansi ;
  8. Pelaksanaan pengendalian dan evaluasi anggaran ;
  9. Penyusunan bahan laporan terhadap pelaksanaan tugas pada Sub bagian keuangan dan asset ;
  10. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pengelolaan keuangan dan asset ;
  11. Pelaksanaan koordinasi sesuai dengan tugas dan fungsinya ; dan
  12. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.